Jaringan Komputer dan Internet



    Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web)  

§  Tujuan dari jaringan komputer adalah
          Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).  Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).  Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. 

          Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

§  Konsep Jaringan Komputer
          Dalam beberapa tahun terakhir ini, teknologi komputer telah berkembang sangat pesat. Perkemabangan teknologi yang pesat ini, terkait dengan teknologi-teknologi yang lainnya. Terutama untuk teknologi dari jenis personal computer (PC) hingga super computer terus mengalami perkembangan, sehingga meningkatkan kapasitas dan pengolahan data. Penggabungan antara teknologi komputer dan komunikasi berpengaruh sekali terhadap bentuk organisasi sistem komputer.
          Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi telah diganti oleh sekumpulan komputer yang berjumlah banyak dan terpisah tetapi masih saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Sistem ini disebut sebagai jaringan komputer (Computer Network).
             Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu jaringan bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Dengan kata lain, jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk dan sebagainya.
          Selain itu, jaringan komputer bisa diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. 
         Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya. Kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan.\

§  Jaringan Internet
          Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet.
           Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia. Internet, sebuah jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan.
          Secara logis jaringan internet dibagi kedalam beberapa domain, yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi melalui nomer IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik (seperti 192.168.10.25). Tipe domain standar antara lain:

.com = organisasi komersil
.edu  = institusi pendidikan di Amerika
.ac    = institusi akademik
.gov  = institusi pemerintah
.mil   = organisasi militer
.net   = penyedia akses jaringan
.org   = organisasi non-profit

Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara, misalnya:

.au    =  Australia
.ca    =  Kanada
.id     =  Indonesia
.jp     =  Jepang
.my   =  Malaysia
.sw   =   Swedia
.th     =  Thailand
Secara umum jaringan komputer dapat dibedekan lima jenis yang terdiri dari :

          Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.

          LAN mempunyai ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan. 

          LAN seringkali menggunakan teknologih transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik)  dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.

          Metropolitan  Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.  MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
          MAN biasanya mamapu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan  menjadi lebih sederhana.

          Wide Area Network  (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua.  WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi. 

          Komputer mobile seperti komputer notebook dan personal digital assistant  (PDA), merupakan cabang industri komputer yang paling cepat pertumbuhannya. Banyak pemilik jenis komputer tersebut yang sebenarnya telah memiliki mesin-mesin desktop yang terpasang pada LAN atau WAN tetapi karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat terbang, maka banyak yang tertarik untuk memiliki komputer dengan jaringan tanpa kabel ini. 
          Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat, yang telah umum dikenal adalah kantor portable. Orang yang sedang dalam perjalanan seringkali ingin menggunakan peralatan elektronik portable-nya untuk mengirim atau menerima telepon, fax, e-mail, membaca fail jarak jauh login ke mesin jarak jauh, dan sebagainya dan juga ingin melakukan hal-hal tersebut dimana saja, darat, laut, udara.

          Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda.
          Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

Topologi Jaringan
       Topologi Jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Macam Topologi Jaringan ada 5 macam yaitu Topologi Bintang, Topologi Cincin, Topologi Bush, Topologi Mesh, Topologi Pohon. Semua ini merupakan Topologi Jaringan Komputer.

          Sedangkan Topologi jaringan dalam telekomunikasi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing masing topologi berdasarkan karakteristiknya masing topologi berdasarkan karakteristiknya. Berikut ini adalah jenis atau Macam - macam Topologi dari jaringan tersebut

§  Topologi bus
§   Topologi Ring
§   Topologi Star
§    Topologi Tree
§  Topologi Mesh

          Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
          Kesulitan utama dari penggunaan kabel sepaksi adalah sulit untuk mengukur apakah kabel sepaksi yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.).
          Pada topologi bus dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan men tap Ethernetnya sepanjang kabel.
          Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan

       Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. 
          Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

       Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung kecentralpoint. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).

          Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .

       Topologi jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicatedlinks).
          Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports).

Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer

          Kali ini saya akan membahas Materi TKJ ( Tehnik Komputer dan Jaringan) Smk dengan tema " Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer ". Di sini akan saya jelaskan mengenai Pengertian Protokol Jaringan dan juga Macam/Jenis Protokol Jaringan Komputer. Materi ini saya ambil dari modul yang saya pelajari di bangku Sekolah. Yukk Simak bareng-bareng materinya...


       Protokol adalah aturan-aturan main yang mnegatur komunikasi di antara beberapa Komputer di dalam sebuah Jaringan, atura itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara metode mnegakses  sebuah jaringan, Topologi Fisik, Tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.


Protokol- protokol yang di kenal adalah sebagai berikut:

A. Ethernet




       Protoko Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak di gunakan. Ethernet mengunakan metode akses yang di sebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Acces/Collision Detection).

          Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktivitas atau bersih komputer akan mentransmisikan data, jika ada tranmisi lain di dalam kabel, komputer akan menungu dan akan mencoba kembali tranmisi jika jaringan telah besih.
          Kadang kala dua buah kopmputer melakukan tranmisi dan akan menungu kesempatab secara acak untuk mentranmisikan data kembali. Metode ini di kenal dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan Tranmisi dari Network.

          Protokol Ethernet dapat di gunakan untuk model jarngan Garis Lurus, Bintang, atau Pohon. Data dapat di tranmisikan melewati kabel Twisted PairCoaksial, ataupun Kabel Fiber Optik pada kecepatan 10 Mb

B. LocalTalk
       Local Talk adalah sebuah protokol network yang di kembangkan oleh Apple Komputer, Inc, untuk mesin-mesin komputer Macintosh.
          Metode yang di gunakan oleh Local Talk adalah CDMA/CA (Carrier Sense Multiple Acces With Cilision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CDAdapter Local Talk dan Cable Twisted Pair khusus yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer melewati Port Serial.
       Sistem Operasi Machintos memungkinkan koneksi secara Jaringan Peer To Peer tanpa membutuhkan tambahan Aplikasi khusus. Protokol Local Talk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus, Bintang, ataupun Model Pohon dengan mengunakan kabel Twisted Pair.

Kekurangan yang paling mencolok yaitu Kecepatan Tranmisinya, kecepatan tranmisisnya hanya 230 Kbps.

 C. Token Ring




       Protokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode akesenya melalui sebuah token dalam sebuah laingkaran seperti Cincin.
          Dalam lingkaran token, komputer-komputer di hubungkan satu dengan yang lainnua seperti sebuah Cincin.  Sebuah sinyal Token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (Cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer menuju ke komputer berikutnyam, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data ayng inggin di tranmisikan , token akan mengangutnya ke tempat dimana data itu inggin di tujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan di antara masing-masing komputer.

       Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan mengunakan kabel Twisted Pair atau Kabel Fiber Optik. Kebal fiber Optik dapat melakukan kecepatan tranmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Selain dengan perkembangan Ethernet, pengunaan token ring makin berkurang sampai sekarang.

D. FDDI



       Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah protokol Jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan pada jarak yang jauh.  Metode Akses yang yang di gunakan oleh FDDI adalah Model Token
          FDDI mengunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses tranmisi biasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah di temukan akan secara otomatis mengunakan ring yang ke dua.
Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan mengunakan Fiber Optik cable pada kecepatan 100 Mbps.

E. ATM 



       ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM),yaitu sebuah protokol jaringan yang mentanmisikan pada kecaptan 155 Mbps atau lebih.

       ATM Mentranmisikan dat kedalam satu paket dimana pada Protokol yang lain mentransfer pada besar kecilnya paket. ATM mendukung Variasi media Seperti Video, CD-audio, dan Gambar. ATM bekerja pada model Jaringan Topologi Bintang (Star), dengan mengunakan kebel FIber Optik ataupun Kabel UTP (Twisted Pair).
          ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN, dia juga banyak di pakai oleh Internet Service Provider (ISP) untuk menigkatkan kecepatan akses internet untuk Client Mereka.
          Demikian apa yang bisa saya bagikan Tentang " Pengertian dan Jenis Protokol Jaringan Komputer "  Kurang Lebihnya Saya Mohon Maaf. Terimakasih Wasalamualaikum Wr. Wb.

Pengertian IP Dan Macam-macam Alamat IP
          Setelah belajar mengenai Topologi jaringan komputer, langkah selanjutnya mengidentifikasi komputer yang terhubung satu sama lainnya dalam suatu sistem operasi. Ada dua cara mengidentifikasikan sebuah alamat IP. Keduanya di butuhkan sesuai kebutuhan.

       Yang pertama IP Private: Ip private adalah IP address yang penomorannya di atur sesuia dengan kebijakan dari IANA (internet assigned number authority). Pengalamatan ini di atur agar tidak di gunakan secara terbuka dalam jaringan internet. Tabel dibawah ini berisi kaidah penggunaan IP Private:

Kelas
Star Range
End Range
A
10.0.0.0
10.225.225.225
B
172.16.0.0
172.31.225.225
C
192.168.0.0
192.168.225.225

       Yang kedua IP Public: Ip public adalah IP address yang penomorannya sudah di daftarkan secara Internasional. Penomorannya ini biasanya di distribusikan kepada ISP kepada user user yang ingin menggunakan internet.

Pendistribusian alamat IP public dilakukan dengan dua cara, yaitu:
  • IP Static, alamat ini di berikan oleh ISP (Internet service provider) atau penyedia layanan koneksi internet untuk user tertentu yang membutuhkan IP tetap. Alamat ini di pakai untuk menyediakan layanan internet maupun intranet tanpa berubah-ubah.
  • IP Dynamic, alamat ini di berikan ISP secara acak apabila user telah memasuki jaringan ISP. IP yang di dapat user sesuai dengan ketentuan dalam DHCP server-nya.
DNS
          Artikel tentang pengertian DNS (Domain Name System)serta berbagai dns yang sering digunakan dan dipakai pemakai internet. Dalam dunia internet ini dns sangat penting artinya, tanpanya internet akan sangat susah untuk dibaca dan bahkan mungkin orang tidak tertarik menggunakannya kecuali para ahli. Coba bayangkan deh kalau untuk mengakses blogbintang.com kamu harus menuliskan kode seperti ini http://379.209.109.222, gimana asiknya dunia maya ini.
          Maka itu diperlukan apa yang namanya DNS, pengertian singkatnya. DNS tuh gunanya untuk mengubah alamat domain ke alamat IP-nya. Jadi kalau ente nulis blogbintang.com sebenarnya dengan DNS diarahkan ke host-nya (alamatnya pakai IP).Dengan begitu daripada nulis susah-susah seperti http://379.209.109.222 lebih baik tinggal nulis blogbintang.com saja!
Ya diatas pengertian secara simpelnya alias sederhana, menurut wikipedia…
       Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain
          Jadi pengertian dns ini seperti buku telepon, anda ingin memesan tempat makan di restauran tapi nggak tahu nomer teleponnya, apa yang anda lakukan? tentu saja mencari buku telepon untuk mengetahui nomer telepon dari restauran tersebut bukan.
ada berbgai DNS yang sering dipakai yaitu seperti Google Public DNS ataupun OpenDNS, Kalau kamu pakai sapidy eh maksud ane speedy, juga punya DNS sendiri.

TIPE JARINGAN
       Pengertian Jaringan Komputer - Sistem jaringan komputer adalahgabungan atau kumpulan dari beberapa komputer yang dapat diakses secara bersama – sama (seperti floopy disk, CD-ROM, printer, dan sebagainya), dan dapat berhubungan dengan komputer induk sistem lainnya yang letaknya berjauhan.

          Adapun komunikasi data dapat diartikan pengiriman data secara elektronik dari satu tempat ke tempat lain melalui suatu media komunikasi, dan data yang dikirimkan tersebut merupakan hasil atau akan diproses oleh suatu sistem komputer.

       Sistem jaringan dapat memiliki peralatan pada komputer server untuk dipakai secara bersama dengan komputer client-nya. Namun pada setiap komputer lokal dapat juga dipasang peralatan khusus untuk keperluan komputer lokal tersebut.

Dalam jaringan ada tiga komponen utama yang harus dipahami, yaitu :
·       Host atau node, yaitu sistem komputer yang berfungsi sebagai sumber atau penerima dari data yang dikirimkan. Node ini dapat berupa:
·                 Server : komputer tempat penyimpanan data dan program-program aplikasi yang digunakan dalam jaringan,
·                 Client : komputer yang dapat mengakses sumber daya (berupa data dan program aplikasi) yang ada pada server,
·                 Shared pheriperal : peralatan-peralatan yang terhubung dan digunakan dalam jaringan (misalnya, printer, scanner, harddisk, modem, dan lain-lain).
·       Link, adalah media komunikasi yang menghubungkan antara node yang satu dengan node lainnya. Media ini dapat berupa saluran transmisi kabel dan tanpa kabel,
·       Software (Perangkat Lunak), yaitu program yang mengatur dan mengelola jaringan secara keseluruhan. Termasuk di dalamnya sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai pengatur komunikasi data dan periferal dalam jaringan.

          Ada beberapa tipe jaringan komputer yang umumnya digunakan. Berikut ini beberapa klasifikasi tipe jaringan komputer yang ada :

1.    Berdasarkan letak geografis
·       Local Area Network (LAN), jaringan ini berada pada satu bangunan atau lokasi yang sama, dengan kecepatan transmisi data yang tinggi (mulai dari 10 Mbps ke atas), dan menggunakan peralatan tambahan seperti repeater, hub, dan sebagainya.
·       Metropolitan Area Network (MAN), jaringan ini merupakan gabungan beberapa LAN yang terletak pada satu kota(jangkauan 50-75 mil) yang dihubungkan dengan kabel khusus atau melalui saluran telepon, dengan kecepatan transmisi antara 56 Kbps sampai 1 Mbps, dan menggunakan peralatan seperti router, telepon, ATM switch, dan antena parabola.
·       Wide Area Network (WAN), jaringan ini merupakan gabungan dari komputer LAN atau MAN yang ada di seluruh permukaan bumi ini yang dihubungkan dengan saluran telepon, gelombang elektromagnetik, atau satelit; dengan kecepatan transmisi yang lebih lambat dari 2 jenis jaringan sebelumnya, dan menggunakan peralatan seperti router, modem, WAN switches..

2.    Berdasarkan arsitektur jaringan
·       jaringan peer to peer
·       jaringan berbasis server (server-based network/server-client network)
·       jaringan hibrid.
(Bagian ini akan dibahas lebih lanjut pada bahasan selanjutnya)

3.    Berdasarkan teknologi transmisi
·       Jaringan switch, merupakan jaringan yang penyampaian informasi dari pengirim ke penerima melalui mesin-mesin perantara atau saluran telepon,
·       Jaringan broadcast, merupakan jaringan yang penyampaian informasi dari pengirim ke penerima dilakukan secara broadcast (disiarkan ke segala arah) baik melalui saluran kabel maupun saluran tanpa kabel.

          Beberapa komponen dasar yang biasanya membentuk suatu LAN adalah sebagai berikut:
1.    Workstation
          Dalam jaringan, workstation sebenarnya adalah node atau host yang berupa suatu sistem komputer. User berhubungan dengan jaringan melalui workstation dan juga saling berkomunikasi seperti saling bertukar data. User juga dapat mengakses program aplikasi pada workstation yang dapat bekerja sendiri di workstation (stand-alone) itu sendiri ataupun menggunakan jaringan untuk saling berbagi informasi dengan workstation atau user lain.
Workstation dapat berfungsi sebagai :

          a.    Server
          Sesuai dengan namanya, ini adalah perangkat keras yang berfungsi untuk melayani jaringan dan klien yang terhubung pada jaringan tersebut. Server dapat berupa sistem komputer yang khusus dibuat untuk keperluan tertentu, seperti untuk penggunaan printer secara bersama (print server), untuk hubungan eksternal LAN ke jaringan lain (communication server), dan file server yakni disk yang digunakan secara bersama oleh beberapa klien. Server ini tidak dapat digunakan sebagai klien, karena baik secara hardware maupun software, ia hanya berfungsi untuk mengelola jaringan.

          Ada pula server yang berupa workstation dengan disk drive yang cukup besar kapasitasnya, sehingga server tersebut dapat juga digunakan sebagai workstation oleh user.
       b.    Client (klien)
          Sebuah workstation umumnya berfungsi sebagai klien dari suatu server, karena memang workstation akan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh suatu server. Jadi, server melayani, sedangkan klien dilayani.
2.    Link
          Link atau hubungan dalam Jaringan Lokal dikenal sebagai media transmisi berupa kabel maupun tanpa kabel, yang secara fisik menghubungkan server dan klien.
3.    Transceiver
          Transceiver (transmitter-receiver) merupakan perangkat keras yang menghubungkan workstation atau sistem komputer dengan media transmisi .
4.    Kartu Jaringan (Network Interface Card / NIC)
          Kartu jaringan ini adalah kartu yang dipasang pada PC yang mengendalikan pertukaran data antarworkstation yang ada dalam jaringan lokal. Setiap workstation harus dilengkapi dengan NIC yang secara fisik terhubung langsung dengan bus internal dari PC.
5.    Perangkat Lunak Jaringan
          Perangkat lunak jaringan mencakup:
·       sistem operasi LAN,
·       perangkat lunak aplikasi,
·       perangkat lunak pemrograman, dan
·       program utiliti.
          Perangkat lunak ini sangat penting dan mutlak untuk memungkinkan komunikasi antara sistem komputer yang satu dengan sistem komputer lainnya. Tanpa perangkat lunak ini, jaringan tidak akan berfungsi. Sistem komputer dengan LAN dapat menjalankan semua perangkat lunak aplikasi yang dapat berjalan pada stand-alone PC.

                                  Arsitektur Jaringan Komputer

       Arsitektur jaringan komputer merupakan tata cara penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak dalam jaringan agar satu komputer dengan komputer lainnya dapat melakukan komunikasi dan pertukaran data.
Ada tiga bentuk arsitektur yang umum digunakan dalam jaringan komputer:
1.    Jaringan peer to peer
          Pada jaringan peer to peer (Gambar 2.2.), semua komputer memiliki posisi setara/sejajar, dalam hierarki yang sama. Setiap komputer dapat menjadi klien terhadap komputer peer lainnya, setiap komputer dapat pula berbagi sumber daya dengan komputer yang berada dalam jaringan peer-to-peer ini. Sumber daya diletakkan secara desentralisasi pada setiap anggota jaringan, dan tidak memerlukan administrator jaringan.
          Aliran informasi bisa mengalir di antara dua komputer secara langsung, di mana pun. Namun, jaringan ini tidak sepenuhnya bebas tanpa kontrol, masih bisa digunakan password untuk memproteksi file dan folder, dapat juga diatur agar orang-orang tertentu tidak bisa menggunakan periferal tertentu.
          Karena kemudahan pemasangan, pemeliharaan, serta biaya, jaringan ini lebih populer untuk jaringan dengan jumlah komputer yang sedikit (sekitar 2 sampai 20 komputer).

          Sifat jaringan peer to peer digunakan untuk hubungan antara setiap komputer yang terhubung dalam jaringan komputer yang ada, sehingga komunikasi data terjadi antar komputer dengan hierarki yang sama karena setiap komputer dapat berfungsi sebagai server maupun klien.
2.    Jaringan client/server
          Pada jaringan client/server (Gambar 2.3.), perangkat lunak yang mengontrol keseluruhan kerja jaringan berada pada server. Jaringan ini dapat menghubungkan ratusan komputer dengan tingkat keamanan yang tidak dimungkinkan dalam jaringan peer-to-peer.
          Jaringan ini bisa diatur sehingga setiap klien harus log on ke server sebelum bisa memanfaatkan sumber daya yang terhubung ke server. Server lalu mengotentikasi klien dan memverifikasi bahwa komputer yang digunakan klien tersebut memiliki izin untuk log on ke jaringan, dengan memeriksa username dan password klien tersebut terhadap database pada server.

3.    Jaringan hybrid
          Jaringan ini merupakan gabungan dari sifat pada jaringan peer to peer dan client/server. Workgroup yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dapat mengelola sumber daya tanpa membutuhkan otorisasi dari administrator jaringan atau server.
          Pada jenis jaringan ini, terdapat pula sifat dari jaringan client/server sedemikian sehingga tingkat keamanan dapat lebih terjaga dan adanya server yang mempunyai suatu fungsi layanan tertentu, seperti sebagai file server, print server, database server, mail server, dan lainnya.Pengertian Jaringan Komputer

PERANGKAT JARINGAN
      Pengertian perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lainnya dalam jaringan untuk tujuan berbagi data,berbagi informasi serta berbagi peripheral dalam jaringan adapun contoh  dari perangkat keras jaringan komputer
antra lain :
§  NIC (Network Interface Card)
NIC (Network Interface Card) atau yang biasa disebut LAN card ini adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Komponen ini biasanya sudah terpasang secara onboard di beberapa komputer atau laptop.

§   Kabel Jaringan
          Kabel dalam sebuah jaringan digunakan sebagai media penghubung. Meskipun sekarang sudah ada teknologi tanpa kabel (wireless) namun kabel masih sering digunakan karena mudah dalam pengoperasiannya. Ada beberapa macam tipe kabel yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer seperti :
          Kabel Twisted Pair ini terdiri dari beberapa kabel yang saling melilit. Ada dua jenis kabel yang termasuk dalam tipe kabel ini yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dengan lapisan alumunium foil dan Unshielded Twisted Pair (UTP). Kedua jenis kabel twisted pair ini pada dasarnya sama, bedanya hanya kabel UTP rentan terhadap medan magnet atau voltase yang tinggi sedangkan kabel STP tidak.

          Tampilan fisik kabel ini terdiri dari kawat tembaga sebagai inti yang dilapisi oleh isolator dalam lalu dikelilingi oleh konduktor luar kemudian dibungkus dengan bahan semacam PVC sebagai lapisan isolator paling luar. Untuk penggunaan kabel coaxial ini sudah jarang digunakan karena pada umumnya orang membangun jaringan komputer dengan kabel twisted pair.
          Kabel Fiber optic adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa, biasanya fiber optic digunakan pada jaringan backbone (Tulang Punggung) karena dibutuhakan kecepatan yang lebih dalam dari jaringan ini, namun pada saat ini sudah banyak yang menggunakan fiber optic untuk jaringan biasa baik LAN, WAN maupun MAN karena dapat memberikan dampak yang lebih pada kecepatan dan bandwith karena fiber optic ini menggunakan bias cahaya untuk mentransfer data yang melewatinya dan sudah barang tentu kecepatan cahaya tidak diragukan lagi namun untuk membangun jaringan dengan fiber optic dibutuhkan biaya yang cukup mahal dikarenakan dibutuhkan alat khusus dalam pembangunannya.
§  Konektor
          Konektor digunakan sebagai sarana penghubung antara kabel dengan colokan NIC (Network Interface Card) yang ada pada komputer Anda. Jenis konektor ini disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan misalnya Konektor RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP/STP, konektor BNC/T berpasangan dengan kabel coaxial dan konektor ST berpasangan dengan kabel fiber optic.

§   Hub
       Hub adalah komponen jaringan komputer yang memiliki colokan (port-port), jumlah portnya ini mulai dari 8,16, 24, sampai 32 port. Pada umunya hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lainnya. Dengan kata lain Hub sama halnya seperti sebuah jembatan yang dapat menghubungkan beberapa kota atau provinsi.
§   Switch
          Switch pada prinsipnya sama dengan hub bedanya switch lebih pintar daripada hub karena mampu menganalisa paket data yang dilewatkan padanya sebelum dikirim ke tujuan. Selain itu switch juga memiliki kecepatan transfer data dari server ke workstation atau sebaliknya.

§   Repeater
       Repeater adalah sebuah komponen yang berfungsi memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen LAN pertama sehingga dengan adanya repeater ini, jarak antara dua jaringan komputer dapat diperluas.
§  Router
          Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau menfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu. Sama seperti hub/switch, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan seperti jaringan model LAN, MAN, bahkan WAN.
§   Modem
       Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukkan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia ataupun sebaliknya.


INTERNET

v Pengertian internet


1. Merupakan sebuah rangkaian yang terbesar menghubungkan berjuta-juta
    komputer di seluruh dunia.
2. Ianya merupakan sebuah rangkaian yang luas. (WAN)
3. Mengunakan protokol TCP/IP untuk penghantaran data dan maklumat.
4. Mengunakan talian komunikasi seperti kabel sepaksi dan fiber optik.
5. Boleh mendapat maklumat,mencapai maklumat,berkomunikasi,berniaga
    belajar dan membeli belah dalam internet.
6. Menyediakan perkhidmatan komunikasi data seperti pemindahan fail,mel
    elektronik dan kumpulan berita.
7. Dapat mengekseskan pengguna kepada pengguna yang lain mengakses
    maklumat daripada laman-laman web yang terkandung di dalamnya.

v  WORLD WIDE WEB (WWW)

1.     WWW terdiri daripada satu sistem rangkaian yang menjalin komputer di
seluruh dunia dan menyalurkan maklumat dalam bentuk multimedia seperti bunyi,gambar,animasi,video dan juga teks.
2.     Tapak atau tempat tersebut dapat dihubungkan melalui hiperpautan \\SERVER\5a_siti\nota tm.htm
(hyperlink) dan membenarkan pengguna bergerak dari satu dokumen ke dokuman yang lain.
3.     Membenarkan pengguna bergerak dengan cepat dari satu dokumen ke
dokumen yang lain di dalam internet.
4.     Merupakan satu sistem yang menyediakan kemudahan  untuk mencari dan mencapai sebarang sumber maklumat yang terdapat dalam internet
dengan mudah dan pantas.

v Kebaikan

1.     Mesej terlalu cepat.
2.     Menyokong multimedia atau hypermedia.
3.     Boleh berkomunikasi secara global.
4.     Menggunakan capaian komputer jarak jauh.
5.     Interaktif-membolehkan pengguna berhubung dan berkomunikasi lebih dari satu hala.

v Keburukan

1.     Kurang kepastian maklumat tepat.
2.     Banyak perubahan di saat akhir perancangan.
3.     Bahan  perlu di tipis.
4.     Interaksi subvertif tidak terkawal.
5.     Kebocoran maklumat rahsia/peribadi.
6.     Kegiatan jenayah yang boleh mengancam sama ada individu mahupun negara.
7.     Penggodaan mudah berlaku.
8.     Iklan yang tiada batasan mudah di perolehi seperti iklan-iklan pornografi.

v Kepentingan Internet

1.     Memberi perkhidmatan konikasi elektronik.
2.     Memberi perkhidmatan aplikasi capaian jauh.
3.     Membolehkan pemindahan fail dengan mudah dan cepat.
4.     Membolehkan penyebaran maklumat lebih luas dan dinamik.
5.     Memberi perkhidmatan apliklasi capaian maklumat.

v Sumbangan Internet

a)     Menyampaikan Maklumat Tanpa Diskriminasi
i)                   Maklumat di Internet tidak melihat warna kulit,etnik atau rupa paras.Internet juga tidak dimiliki oleh mana-mana negara atau organisasi .Ia dimiliki secara universal.

b)    Mengurangkan Kos Untuk Mendapat Maklumat Berkualiti
i)                   Internet merupakan rangkaian yang sangat dinamik
kerana maklumnya boleh diubah dari masa ke semasa dengan mudah dan cepat tanpa memerlukan kos yang besar.

c)     Alat Komunikasi Dan Capaian Maklumat Aktiviti Interaktif
i)                   Internet adalah rangkaian yang beroperasi serta
merta dan setiap masa.Oleh itu membolehkan pengguna menjalankan aktiviti interaktif bila-bila diperlukan.

d)    Alat Komunikasi Dan Capaian Maklumat Yang Tidak Terbatas
i)                   Internet adalah rangkaian global yang tidak
mengenal sempadan.Ia mempunyai saiz bilangan komputer dan pengguna yang sangat besar.Ini membolehkan berlakunya perkongsian maklumat yang cukup luas.Dengan ini akan membantu mewujudkan masyarakat yang celik maklumat dan berpengetahuan tinggi.

MENGINSTAL DAN MENGOPERASIKAN SOFTWER JARINGAN

     Menginstall software Jaringan dan mengoperasikannya


A. installasi dan konfigurasi LAN pada sistem operasi windows
 
        Walaupun secara fisik hardware telah dipasang (komputer dan NIC, pengkabelan, konektor, dan HUB, dll), tapi jaringan komputer belum dapat difungsikan. Karena setiap device yang dipasang butuh driver yang harus diinstal dan perlu dikonfigurasikan terlebih dahulu. Dalam modul ini akan dibahas instalasi dan konfigurasi jaringan dengan sistem operasi windows.

          Selanjutnya akan dilakukan pengujian apakah komputer telah terhubung dengan benar, dan bisa berhubungan dengan jaringan lokal (LAN).

1) Mengidentifikasi komputer di dalam jaringan
          Komputer dengan sistem operasi Windows 98 di dalam jaringan komputer harus menggunakan nama yang unik untuk menghindari adanya tumpang-tindih dengan komputer lain. Untuk memberikan nama dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
a) Pilih Start, Settings, dan Control Panel.
b) Double-klik ikon Network dan klik tab Identification. 
c) Masukkan nama komputer, workgroup dan deskripsi komputer untuk komputer yang akan digunakan.
d) Klik OK.
2) Menginstal dan Mengkonfigurasi Network Interface Card
          Network Interface card (NIC) harus dipasang di dalam komputer, agar komputer dapat “berinteraksi” dengan jaringan. Windows 98 mendukung beberapa tipe network, yaitu :
a) Ethernet,
b) Token Ring,
c) Attached Resource Computer Network (ARCNet),
d) Fiber Distributed Data Interface (FDDI),
e) Wireless, infrared,
f) Asynchronous Transfer Mode (ATM).
          Setelah NIC dipasang dalam slot komputer secara benar selanjutnya driver jaringan harus diinstal. Untuk meninstal dan mengkonfigurasi driver dapat dilakukan sebagai berikut :
a) Control Panel, double-klik icon Network.
b) Pilih tab Configuration, klik Add.
c) Setelah itu muncul kotak dialog Select Network Component Type, klik Adapter, lalu klik Add.
d) Pilih jenis adapter yang digunakan, setelah itu klik OK.
e) Klik OK untuk menutup kotak dialog Network Properties.
Setelah meng-copy file driver yang dibutuhkan untuk mengenali kartu jaringan, Windows 98 akan me-restart komputer.
f) Setelah komputer di-restart, konfigurasi kartu jaringan dari Control Panel dan double-klik icon Network.
g) Pilih Adapter, lalu klik Properties.

3) Menginstall Protokol Jaringan
          Untuk dapat “berkomunikasi” dalam jaringan komputer, komputer harus mempunyai protokol. Prosedur yang dapat dilakukan untuk menginstall protokol jaringan adalah :
a) Buka Control Panel dan double-klik icon Network.
b) Dalam tab Configurasi klik Add.
c) Pada kotak dialog Select Network Component Type, pilih Protocol dan klik Add.
d) Pilih Manufacturer dan Network Protocol dan klik OK.
Windows98 menyediakan multiple-protokol di dalam satu komputer meliputi :
• NetBIOS Enhanced User Interface (NetBEUI) protokol sederhana yang dapat digunakan untuk hubungan LAN sederhana dengan hanya satu subnet yang bekerja berdasarkan penyiaran.
• Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange (IPX/SPX) protokol yang digunakan dalam lingkungan Novell NetWare. IPX/SPX tidak direkomendasikan untuk penggunan non-NetWare, karena IPX/SPX tidak universal seperti TCP/IP.
• Microsoft Data-link Control(DLC) dibuat oleh IBM digunakan untuk IBM mainframe.
• Transmission Control Protocol/Internet Protokol (TCP/IP) protokol standar yang umum.
• Fast Infrared Protocol digunakan secara wireless (tanpa kabel), protokol yang mendukung penggunaan hubungan jarak dekat dengan menggunakan infrared. IrDA (infrared Data Association) digunakan antara lain oleh komputer, kamera, printer, dan personal digita assistant (PDA) untuk saling berkomunikasi. 
• Asynchronous Transfer Mode (ATM) teknologi jaringan high-speed yang mampu mengirim data, suara, dan video secara real-time.

4) Konfigurasi TCP/IP

Implementasi TCP/IP pada Windows 98 meliputi:
a) Internet Protocol (IP), 
b) Transmission Control Protocol (TCP), 
c) Internet Control Message Protocol (ICMP),
d) Address Resolusion Protocol (ARP),
e) User Datagram Protocol (UDP).
          TCP/IP harus dikonfigurasikan terlebih dahulu agar bisa “berkomunikasi” di dalam jaringan komputer. Setiap kartu jaringan (NIC) yang telah diinstall memerlukan IP address dan subnet mask. IP address harus unik (berbeda dengan komputer lain), subnet mask digunakan untuk membedakan network ID dari host ID.

5) Memberikan IP Address
          IP address dan subnet mask dapat diberikan secara otomatis menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) atau diisi secara manual.
Prosedur yang dilakukan untuk mengisikan IP address :
a) Buka Control Panel dan double-klik icon Network.
b) Di dalam tab Configuration, klik TCP/IP yang ada dalam daftar untuk kartu jaringan yang telah diinstall.
c) Klik Properties.
d) Di dalam tab IP Address, terdapat 2 pilihan:
• Obtain an IP address automatically
          IP address akan diperoleh melalui fasilitas DHCP. DHCP berfungsi untuk memberikan IP address secara otomatis pada komputer yang menggunakan protokol TCP/IP. DHCP bekerja dengan relasi client-server, dimana DHCP server menyediakan suatu kelompok IP address yang dapat diberikan pada DHCP client.       Dalam memberikan IP address ini, DHCP hanya meminjamkan IP address tersebut. Jadi pemberian IP address ini berlangsung secara dinamis.
• Specify an IP address
IP address dan subnet mask diisi secara manual.
e) Klik OK.
f) Jika diperlukan masuk kembali ke dalam kotak dialog TCP/IP Properties, klik tab Gateway, masukkan nomor alamat server.
g) Klik OK.
h) Jika diperlukan untuk mengaktifkan Windows Internet Naming Service (WINS) server, kembali ke dalam kotak dialog TCP/IP Properties, klik tab WINS Configuration, dan klik Enable WINS Resolution serta masukan nomor alamat server. 
i) Jika diperlukan untuk mengaktifkan domain name system (DNS), kembali ke dalam kotak dialog TCP/IP Properties, klik tab DNS Configuration, klik Enable DNS, masukkan nomor alamat server.
j) Klik OK.

6) Menguji/Test Jaringan
          Setelah proses instalasi dan konfigurasi sistem jaringan (baik hardware maupun software) selesai, maka perlu dilakukan test/uji. Hal ini dimaksudkan untuk melihat apakah instalasi (mulai dari memasang kabel sampai dengan konfigurasi sistem secara software) telah dilakukan dengan benar.
          Untuk mengetest TCP/IP, salah satu caranya dapat dilakukan dengan instruksi ipconfig yang dijalankan under DOS.
          Perintah IPConfig digunakan untuk melihat indikasi pada konfigurasi IP yang terpasang pada Komputer kita. dari gambar diatas kita dapat melihat beberapa informasi penting setelah kita menjalankan perintah IPConfig pada jendela command prompt di komputer kita, misalnya adalah kita bisa melihat         Host Name, primary DNS jaringan, physical Address dan sebagainya. Harus diingat bahwa perintah ini dapat dijalankan dengan baik apabila telah terpasang Network Card di komputer anda. Ipconfig menampilkan informasi berdasarkan Network Card yang terpasang.
          Untuk mendeteksi apakah hubungan komputer dengan jaringan sudah berjalan dengan baik, utilitas ping dapat digunakan. 
          Utilitas ping digunakan untuk mengecek apakah jaringan kita sudah bisa berfungsi dan terhubung dengan baik, misalkan pada gambar diatas terlihat perintah ping LocalHost, jika kita melihat ada keluar pesan Replay form No IP ( 127.0.0.1 ) besarnya berapa bites dan waktunya berapa detik itu menandakan bahwa perintah untuk menghubungkan ke LocalHost dapat berjalan dan diterima dengan baik, namun seandainya jika kita melakukan ping untuk nomor IP yang tidak dikenal seperti gambar 20 diatas maka akan dikeluarkan pesan Request Time Out yang berarti nomor IP tidak dikenal dalam jaringan tersebut ( ping 192.168.0.90 ). Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :
          Misalkan anda telah men-setup 2 buah terminal dengan alamat IP 202.159.0.1 dan 202.159.0.2, anda dapat melakukan test ping di mode dos dengan mengetik "PING 202.159.0.2" dari terminal dengan IP address 202.159.0.1 dan anda akan mendapatkan respon seperti :
Pinging 202.159.0.2 with 32 bytes of data:
Reply from 202.159.0.2: bytes=32 time<10ms TTL=32
Reply from 202.159.0.2: bytes=32 time<10ms TTL=32
Reply from 202.159.0.2: bytes=32 time<10ms TTL=32
Reply from 202.159.0.2: bytes=32 time<10ms TTL=32
          Jika anda mendapatkan respon seperti diatas, maka koneksi jaringan sudah benar. Respon lain selain contoh diatas diartikan bahwa jaringan anda belum bekerja dengan benar. Kesalahan dapat saja terjadi di sistem pengkabelan, kartu jaringan, atau setup network.
Catatan : TTL adalah Time To Live, yaitu batasan waktu agar paket data tersebut tidak mengambang dijaringan 

Mengoperasikan web Browser
       Web-Browser adalah Suatu software(perangkat lunak) yang digunakan untuk menjelajah/surfing di internet. Web-browser yang sering digunakan diantaranya: Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera, Google Crome, Nescape Navigator dll.
Untuk Menjalankan Web-Browser:
1. Doubleklik icon dari Mozilafirefox, atau Internet-Explorer.
2. Masukan Situs alamat yang diingikan pada Address Bar.
3. Klik Enter atau pilih icon GO


Bagian-Bagian WEB-Browser:


Keterangan:

1.
Title Window, adalah baris judul alamat internet yang terbuka dan selalu diikuti nama    program Internet Explorer.
2.
Menu, adalah baris yang berisi perintah-perintah untuk pengoperasian Internet Explorer.
3.
Standard Buttons, adalah baris yang berisi tombol-tombol standar pengoperasian Internet Explorer.
4.
Address Bar, adalah baris yang terdapat kotak teks untuk tempat mengisi teks alamat internet yang ingin dikunjungi. Di ujung kanannya terdapat tombol Go, untuk mulai memproses permintaan alamat internet.
5.
Links, adalah baris penghubung ke alamat internet secara cepat tanpa mengetik alamatnya, yang dapat ditambah atau dikurangi.
6.
Workspace, adalah area kerja atau isi dari alamat internet yang tampil atau sedang diproses berdasarkan permintaan.
7.
Status Bar, adalah baris informasi status link alamat internet yang tampil atau terbuka dalam Workspace.

Penulisan URL
       URL (Uniform Resource Locator) merupakan sebuah alamat internet atau alamat sebuah web Penulisan Url dalam sebuah Web-Browser diletakan/ditulis pada Addres bar
          URL biasanya terdiri dari empat bagian yaitu sebagai-berikut:
1. Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi).
2. Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide Web)
3. Nama organisasi yang mengatur situs.
4. Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial)

Contoh:
http://www.dikmenjur.net/
http:Web server ini menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).
www:Lokasi situs ini berada dalam World Wide Web.
Dikmenjur:Web server ini berada di Dikmenjur yang mengatur situsnya.
Net:Ini biasanya adalah institusi yang bergerak dalam jaringan (Network)

MENGOPERASIKAN EMAIL

          Cara Menggunakan Email - Login dan Mengirim Email dengan Gmail

Login
Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda 
1.             Username | Nama Login
2.            Password | Sandi
3.            Stay signed in | Tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)

Cara Membaca Email 
1.             Login
2.            Pilih [klik] Email yang ingin dibaca
3.            Untuk kembali ke daftar Email awal, atau utk melihat bila ada email terbaru, klik Inbox (Di layanan email lain seperti yahoo, hotmail, dsb, anda harus klik Inbox utk menuju ke daftar email masuk)
Cara Mengirim Email 
1.             Login [bila belum login]
2.            Pilih [klik] Compose Mail | Buat Surat
3.            To | Kepada, isi dengan email tujuan
- Cc/Bcc, dikosongi saja
4.            Subject | Perihal, judul, maksud, tujuan dibuatnya surat
5.            Attachments | Lampiran
- Choose | Pilih file
- Attach more files | Lampirkan file lainnya
6.            Send | klik utk Kirim Surat
- Save draft | utk menyimpan email yg baru dibuat, tapi belum akan dikirim
7.            Discard | Gagal, tidak jadi kirim surat
Menu lainnya 
·                     Starred - daftar Email yg ditandai
·                     Sent - daftar Email terkirim
·                     All mail - daftar semua email
·                     Spam - daftar Email bohong, iseng, biasanya menipu
·                     Trash - seperti tempat sampah (Recycle bin), berisi email yg di delete (di hapus)
·                     Contacts - Daftar Contact Email teman
·                     Settings - Setelan
Logout | Keluar
Biasakan klik Log out setiap selesai menggunakan akun Email demi keamanan privasi anda
Buat Email Sekarang !!

Baca Artikel yang berhubungan ...
http://articles-at.blogspot.com

Comments (2)

On April 23, 2013 at 11:33 PM , mahasiswa teladan said...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

 
On November 26, 2013 at 7:38 PM , erisme said...

SUPERB!!!